Friday 14 February 2014

Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup Dalam Pelestarian Ekosistem

selamat pagi para sobat!!!, ketemu lagi dengan saya.
gmana kabar sobat semua?, saya harap baik-baik semua ya sobat.
sudah lama saya tidak memposting artikel, maaf kali ini saya sibuk dengan UAS d kampus saya, dan saya usahakan untuk menulis artikel diwaktu tenggang yang saya punya sekarang ini.
sebelumnya saya sudah menulis  sebuah artikel dan artikel yang akan saya buat kali ini ada hubungannya dengan artikel sebelumnya dan artikel ini merupakan artikel dari sebelumnya.
ok! langsung disimak saja ya sobat


B. pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

keanekaragaman jenis hewan dan tumbuhan. ternyata, terdapat berbagai variasi pada hewan dan tumbuhan yang terdiri dari ribuan jenis anggotanya.

1. penyebab berkurangnya keanekaragaman makhluk hidup
    pada jaman sekarang ini, kondisi alam beserta flora dan fauna sangat memprihatinkan, mereka terancam keberadaan serta kehidupannya karena lingkungan yang sudah mulai berubah dan tidak sesuai lagi dengan kehidupan flora dan fauna yang ada di indonesia saat ini. secara umum punah dan terancam kepunahannya flora dan fauna ini di sebabkan oleh 2 hal berikut ini.

a. di sebabkan oleh bencana alam
    sebuah bencana alam merupakan salah satu penyebab terjadinya kepunahan sebuah flora dan fauna dan juga bisa merusak lingkungan.contohnya saja:gunung kelud yang meletus pada februari 2014 ini. bencana ini dapat mengeluarkan lahar yang dapat menyebabkan punahnya makhluk hidup yang bertempat tinggal atau makhluk hidup yang beradaptasi di lingkungan sekitar gunng kelud ini. serta juga bisa di sebabkan karena flora dan fauna yang hidupdi lingkungan sekitar gunung kelud ini tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang sudah berubah yang di sebabkan meletusnya gunung kelud.

b. di sebabkan oleh tingkan manusia
    ada berbagai macam cara yang di lakukan manusia, sebenarnya manusia tidak berfikir kedepannya. yang manusia pikir hanyalah keuntungan pribadi tanpa memikirkan resiko yang akan dia terima, dan manusia tidak menyadari bahwa perbuatannya itu untuk merusak suatu lingkungan yang di tempati flora dan fauna yang ada di indonesia.
1.penangkapan ikan dan udang secara liar dengan menggunakan bahan peledak,bahan kimia, maupun listrik,dan pukat harimau. perbuatan manusia ini sangat tidak bijaksana, sebenarnya kita harus memanfaatkan alam dan makhluk hidup lainnya untuk kebutuhan saja dan tidak berlebihan dalam mengambilnya. cara-cara yang di lakukan di atas sangat merugikan manusia itu sendiri, karena hewan dewasa,kecil, dan telurnya pun juga akan ikut mati.
2.perburuan dan penangkapan jenis hewan tertentu secara terus-menerus akan mengakibatkan kepunahan. oeh karena itu pemerintah melindungi beberapa hewan yang jumlahnya di alam semakin berkurang, dan telah dibuatkan undang-undang untuk hewan yang hampir mau punah.
3. penebangan hutan secara liar
penangkapan ikan, perburuan hewan, dan penebangan hutan denga secara besar-besaran hanya mendatangkan keuntungan yang sebentar bagi manusia, hal ini di sebabkan karena pemanfatan tumbuhan dan hewan secara berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan jenis-jenis tersebut tidak akan mampu berkembang biak untuk menggantikan yang telah mati. hal ini menyebabkan jumlahnya dari tahun ke tahun akan semakin berkurang, dan ada akhirnya salah satu spesies ini akan punah.


2. usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup
    hal ini sangat penting dilakukan oleh setiap manusia, agar keanekaragaman makhluk hidup dapat terus berlanjut dan mampu memberi manfaat bagi manusia yang membutuhkannya.
berikut merupakan beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mencegah terjadinya kepunahan kepada makhluk hidup.
a. sistem tebang pilih: dengan memilih tanaman yang benar-benar sudah waktunya untuk di tebang, hal ini tidak akan mempengaruhi ekosistem.
b. peremajaan tanaman; hal ini wajib dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil dengan mempersiapkan tanaman pengganti.
c. penangkapan musiman yang dilakukan pada saat populasi hewan paling banyak dan tidak pada saat kondisi yang dapat mengakibatkan kepunahan.
d. pembuatan dan perbaikan pengaturan spesimen tumbuhan dan hewaan guna mempermudah sistem informasi .
e. membudidayakan hewan yang sudah langka keberadaannya. dengan membuat penangkaran dan kultur jaringan.



sekian dulu artikel yang saya buat ini, supaya artikel saya ini bisa membuat para sobat tahu bagaimana pentingnya kita untuk menjaga kelangsungan dab keanekaragaman makhluk hidup.

No comments:

Post a Comment