Thursday 20 February 2014

Manfaat Lidah Buaya



MANFAAT LIDAH BUAYA/ALOE BARBADENSIS MILLEER


    Lidah buaya atau aloe vera dengan nama latin(Aloe barbadensis milleer) merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. tanaman lidah buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun silam karena khasiat dan manfaatnya yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang. tumbuhan lidah buaya sebagian besar digunakan sebagai tanaman hias, tetapi tanpa kita sadari tanaman ini memiliki banyak manfaat. salah satunya sebagai penyubur dan penghitam rambut secara alami. tumbuhan ini tidaklah berbeda dengan tumbuh-tumbuhan alami lainnya.


    Manfaat lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai alami pembuatan shampoo oleh pabrik-pabrik. tetapi dalam pengolahan pabrik ini masih terdapat kekurangan, yaitu shampoo yang di produksi oleh pabrik telah tercampur dengan bahan kimia lainnya. dan bahan kimi yang terkandung didalamnya belum tentu baik untuk kesuburan dan kesehatan rambut kita, dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada rambut kita. saya sarankan alangkah baiknya jika kita menggunakan lidah buaya sebagai penyubur rambut. memang sih hasilnya sangat lama akan kita ketahui, tetapi kalau kita rutin melakukannya setiap sebelum tidur maka hasil yang kita inginkan akan tercapai.


     tumbuhan lidah buaya ini sangat banyak ditemukan didaerah pedesaan. tetapi masyarakat desa belum bisa memanfaatkan kandungan yang ada didalam lidah buaya ini dengan maksimal. dan tumbuhan ini banak tumbuh liar karena untuk mengembang biakannya sangat mudah.
     catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa bangsa mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. karena manfaatnya yang begitu luar biasa, bangsa mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya ini sebagai tanaman keabadian.


     kandungan zat yang ada pada tanaman lidah buaya ini adalah enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
     salah satu zt yang terkandung didalam tanaman lidah buaya ini adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti penyerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.


     Manfaat lain dari tumbuhan lidah buaya ini adalah:
1.sebagai anti inflamasi
2.sebagai anti jamur
3.sebagai anti bakteri
4.sebagai pembantu proses dalam meregenerasi sel
5.sebagai penurun kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
6.sebagai pengontrol tekanan darah
7.sebagai stimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker
8.sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker


     cara penggunaannya:
1. carilah tanaman lidah buaya
2. ambil beberapa pelepah dari lidah buaya
3. cucilah pelepah lidah buaya dengan bersih
4. kupan pelepah lidah buaya.
5. isinya yang seperti jel dan mengandung lendir digosokan pada kulit kepala yang sudah dikeramas sebelumnya.
6.diamkan sekitar 30 menit. kemudian rambut dibilas.

     jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. sebaiknya kita menggunakannya ada saat kita akan tidur, sehingga penyerapannya sempurna, rambut dikeramas pada sore hari, kemudian kita gosokkan lidah buaya dan balut dengan handuk, dan keesokan harinya kita bilas sampai bersih.

sekian dulu artikel tentang lidah buaya ini.!
semoga bermanfaat bagi kta semua!!!!

No comments:

Post a Comment