Friday 1 April 2016

Keterkaitan Proses Katabolisme dan Anabolisme


Asb2ndCity# Reaksi ada katabolisme adalah reaksi penguraian yang memecah molekul dan cenderung melepaskan energi. sedangkan reaksi pada anabolisme cenderung memerlukan energi. dari pernyataan diatas bisa kita simplkan bahwa katabolisme memicu anabolisme karena katabolisme menyebabkan sintesis ATP yang digunakan untuk anabolisme. keterkaitan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat dapat dijelaskan pada gambar berikut:

dalam kloroplas, energi dari sinar matahari disimpan lalu diubah menjadi molekul glukosa. dalam mitokondria, energi yang telah diubah menjadi glukosa dibongkar kembali untuk diggunakan bagi keperluan proses dalam sel oksigen yang dihasilkan dalam kloroplas digunakakn oleh mitokondria selama proses pembongkaran glukosa. CO2 dan air yang diproduksi dalam mitokondria dapat digunakan oleh kloroplas sebagai bahan dasar fotosintesis.
kadar CO2 udara adalah konstan (kurang lebih 0,03%). karena jumlah yang terpakai untuk proses anabolisme diganti dengan jumlah yang sama dari proses katabolisme semua makhluk hidup.

1. energi dalam proses katabolisme dan anabolisme
dalam katabolisme gula dihasilkan 38 ATP (380 kalori). sehingga kurang lebih 55% energi dimanfaatkan untuk proses metabolisme, sedangkan sisanya berubah menjadi energi panas.
dalam proses anabolisme, diperkirakan energi yang jatuh pada daun hanya 2% saja yang dimanfaatkan.namun sebagian dari energi yang diterima tumbuhan digunakakn untuk penguapan, atau dipancarkan kembali, dan untuk keperluan yang lain lain.
pada umumnya kecepatan rata rata fotosintesis (annabolisme karbohidrat) adalah 8-12 kali kecepatan respirasi (katabolisme gula). jika kecepatan respirasi sama dengan kecepatan fotosintesis, dapat dikatakan bahwa semua glukosa yang dihasilkan oleh fotosintesis akan habis untuk respirasi.
titik kompensasi adalah keadaan suhu serta cahaya matahari sehingga produksi gula pada fotosintesis sama dengan kebutuhan gula untuk respirasi.

2.faktor yang mempengaruhi katabolisme dan anabolisme
faktor yang mempengaruhi katabolisme dan anabolisme dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. faktor luar
a. cahaya
b. suhu
c. CO2
d. O2
e. H2O
f. senyawa kimia
g. luka
h. mekanis

2. faktor dalam
pada katabolisme
1. substrat respirasi mempercepat laju katabolisme
2. laju katabolisme dipengaruhi juga oleh kuantitas dan kualitas protoplasma
pada anabolisme
laju anabolisme dipengaruhi oleh:
1. klorofil
2. membuka dan menutupnya stomata
3. anatomi daun
4. morfologi daun
5. hambatan pada transportasi hasil fotosintesis, menghambat laju anabolisme.

No comments:

Post a Comment