Monday 24 February 2014

Perbandingan Cocor Bebek dan Obat Vital Sebagai Obat Penyakit Congek


assalamu'alaikum wr. wb.
selamat pagi sobat semua? bagaimana kabar hari ini? saya doakan semoga semua kondisi sobat sehat, amin.
pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel tentang kesehatan. kita semua juga tahu bahwa, pada jaman sekarang ini kita bisa menggunakan obat herbal alami. dan tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan bagi kesehatan diri kita sendiri.

     cocor bebek selama ini dimanfaatkan hanya sebagai tanaman hias dan obat tradisional untuk obat infeksi, rematik, batuk, dan demam. cocor bebek diketahui mengandung senyawa bioaktif pada tanaman cocor bebek.
     cocor bebek adalah tumbuhan sukulen yang berasal dari Madagascar, tanaman ini terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun. cocor bebek mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin. cocor bebek digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur, obat luka, obat bisul. cocor bebek mempunyai sedikt rasa asam, bentuknya yang lunak, dan dingin ini juga mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, alkaloid, flavonoid, queretin-3-glukoside. tanaman ini menyebar karena terkenalnya sebagai tanaman hias.

     selain itu, cocor bebek juga digunakan sebagai obat antiradang, antiseptik, penghenti darah. serta bisa menyembuhkan kulit yang mengelupas, tulang patah wasir dan luka akibat tersiram air panas.

ciri-ciri cocor bebek
cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. daunya tebal berdaging dan banyak terkandung air di dalam daunnya. warna daun cocor bebeb hijau muda. bunga majemuk, buah kotak. bila dimakan rasa cocor bebek asam dan dingin.

berikut kegunaan daun cocor bebek
1. luka
     daun cocor bebek diparut dan ditumbuk. tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka.
2. perut mulas
     ambil daun dadap serep seukupnya kemudian ditumbuk dengan daun cocor bebek secukupnya. beri sedikit air dan balurkan ramuanya yang sudah jadi pada perut.
3. menurunkan demam
    lumatkan daun cocor bebek. lalu letakkan pada dahi
4. bisul atau memar
    ambil 2-4 helai daun cocor bebek kemudian di peras. tambahkan madu dan diminum.
5. radang telinga luar
     hancurkan 5-9 helai daun cocor bebek, peras. kemudian airnya digunakan sebagai obat tetes telinga.
6. radang amaandel
     ambil 5-10 daun cocor bebek, ambil airnya dan digunakan sebagai obat kumur.



     berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan daun cocor bebek lebih cepat bereaksi dibandingkan dengan menggunakan obat vital. hal ini disebabkan karena beberapa faktor. misalnya cocor bebek mengandung antibiotik dan menghambat pengaktifan antigen awal virus abstai bar.

sekian dulu artikel yang saya buat ini.
semoga bermanfaat bagi sobat semua.
wassalamu'alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment