Thursday 27 February 2014

tips dan cara mengatasi migran


assalamu'alaikum wr. wb.
selamat pagi sobat semuanya, gimana kabar hari ini? saya doakan semoga sema sobat sehat, amin!
di pagi hari yang cerah ini saya akan menulis artikel tentang migran, baiklah langsung disimak saja ya sobat!!!


     Migran merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. sakit kepala migran disebabkan oleh terjadinya suatu kombinasi antara vasodilatasi(pelebaran pembuluh darah) dan dilepaskannya suatu zat kimia dari serat-serat saraf yang menelimuti pembuluh darah tersebut. saat migran menyerang, arteri temporal akan melebar. pelebaran ini akan menyebabkan peregangan pada serat saraf, sehingga merangsang serat saraf untuk melepaskan zat kimia. zat ini akan menyebabkan peradangan, dan rasa sakit kepala sebelah(migran).


     Migran merupakan suatu kondisi yang kronis dan kumat-kumatan. sebagian besar serangan migran juga disertai dengan sakit kepala yang lain. walau sebagian besar migran menyerang pada satu sisi kepala, namun sering juga dijumpai gejala migran di kedua sisi kepala. sisi kepala yang terserang migranpun sering bergantian pada setiap kali serangan. hati-hati bila sisi yang diserang selalu sama, kemungkinan lain adalah terjadinya suatu tumor otak. penderita migran sering tersiksa dalam melakukan aktifitas sehari-hari terutama saat serangan migran itu terjadi. gejala lain yang menyertai migran antara lain, mual,muntah,diare,wajah pucat,kaki tangan dingin, serta penderita akan sensitif terhadap cahaya dan suara.


     sekitar 40%-60% dari serangan migran akan di awali oleh apa yang dinamakan gejala pendahuluan. gejala ini bisa berupa gangguan tidur,gelisah,kelelahan,depresi. gejala awal ini biasanya sudah bisa dipahami oleh keluarga penderita sebagai suatu gejala pendahuluan sebelum terjadinya serangan migran. sekitar 20% dari serangan migran akan disertai dengan aura. biasanya aura ini akan muncul mendahului sakit kepala, namun tidak sedikit pula yang munculnya bersamaan dengan sakit kepala.


     Migran memang hanya datang sewaktu-waktu, tapi saat migran menyerang penderita tak hanya merasakan nyeri pada kepala tapi terkadang disertai mual dan muntah. migran terjadi karena pembuluh darah dileher atau kepala kejang sehingga aliran darah ke otak berkurang.  ada beberapa faktor yang diduga memicu timbulnya serangan migran, yaitu stres,makanan,hormon, serta obat. saat ini sudah tersedia obat yang bisa menghilangkan derita migran. namun dalam situs mayoclinic disebutkan gaya hidup seseorang juga berpengaruh untuk mencegah dan mengurangi migran.


tips-tips menghindari serangan migran
1. istirahat dengan cukup
    penderita migran biasanya sensitif terhadap cahaya, kadang pengelihatan ganda atau kabur. matikan lampu diruangan, lalu beristirahatlah. pijat dengan lembut bagian kepala atau kening serta bagian leher agar pembuluh darah menjadi rileks.
2. pola makan
    orang yang sering terlambat makan, serta makanan tertentu, seperti coklat atau keju terkadang juga bisa menimbulkan migran.
3. olahraga teratur
    saat kita berolahraga tubuh kita akan mengeluarkan senyawa kimia yang bisa menghambat sinyal sakit ke otak.

demikian artikel yang saya buat ini semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.

No comments:

Post a Comment