Wednesday 30 March 2016

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan


Assalamualaikum wr.wb.
bagaimana kabr kalian hari ini?, saya harap semoga semua dalam keadaan baik-baik saja dan semoga selalu dalam lindungannya, amin.
pada kesempatan kali ini saya akan berbagi infirmasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, langsung disimak ya.





faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbhan dan perkembangan pada tumbuhan ada 2, diantaranya:
1. faktor luar
2. faktor dalam

1. FAKTOR LUAR
a. makanan
makanan adalah sumber energi dan sumber materi untuk menyintesis berbagai komponen sel. nutrien yang dibutuhkan tumbuhan bukan hanya karbon dioksida dan air, melainkakn unsur yang lainnya juga. karbon dioksida diabsorpsi oleh daun dan air serta mineral diserap oleh akar.
b.air
air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, salah satu fungsi air adalah untuk fotosintesis pada tumbuhan,mengaktifkan reaksi enzimatik,menjaga kelembapan, dan membantu perkecambahan biji. reaksi kimia dalam sel tidak akan terjadi jika tidak ada air dan pada akhirnya tumbuhan akan mati.
c. suhu
setiap tanaman membutuhkan suhu tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik yang disebut suhu optimum, sedangkan suhu rendah yang masih memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh disebut suhu minimum, dan suhu tinggi yang masih memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang disebut suhu maksimum. untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik dibutuhkan suhu yang optimum, karena kalau suhu terlalu tinggi maunpun terlalu rendah akan berdampak pada sel yang akan rusak.
d. kelembapan
tanah dan udara yang lembap akan membuat pertumbuhan dan peerkembangan baik pada tanaman. kondisi lembap memungkinkan tanaman lebih banyak menyerap air dan sedikit air yang diuapkan.
e. cahaya
tumbuhan membutuhkan cahaya, umumnya cahaya menghambat pertumbuhan meninggi tumbuhan, karena cahaya dapat menguraikan auksin(hormon pertumbuuhan).

2.FAKTOR DALAM
a. gen
pada gen terkandung faktor-faktor sifat keturunan yang dapat diturunkan pada keturunannya, gen juga berfungsi untuk mengontrol reaksi kimia didalam sel, diantaranya sintesis protein.pembentukan protein yang merupakan bagian dasar penyusun tubuh tumbuhan, dikendalikan oleh gen secra langsung.
b. hormon
hormon tumbuhan yang telah dikenal antara lain auksin,sitokinin, dan giberelin.
1. Auksin
auksin adalah hormon pertumbuhan yang pertama kali ditemukan. hormon auksin ditemukan oleh Frits Went, ahli botani belanda (1863-1935)
2. Sitokinin
sitokinin adalah hormon yang bersama dengan auksin mempengaruhi pembelahan sel (sitokinesis) sitokinin diperoleh dari santan kelapa,ekstrak apel, dan dari jaringan tumbuhan yang aktif membelah.
3.Giberelin
giberelin adalah suatu zat yang diperoleh dari suatu jenis jamur yang hidup sebagai parasit padi dijepang, yaitu jamur gibberella fujikuroi, hormon ini ditemukan oeh Eiichi Kurosawa pada tahun 1962. tumbuhan padi yang terserang jamur ini memperlihatkan gejala pemanjangan abnormal.
4. asam traumalin (hormon luka)
regenerasi (restitusi) adalah kemampuan tanaman memperbaiki kerusakan atau luka yang terjadi pada tubuhnya.
5. Kalin
kalin adalah hormon yang mempengaruhi embentukan organ, contohnya:
a.rizokalin: hormon pertumbuhan akar
b.kaulokalin: hormon yang merangsang batang
c.filokalin: hormon yang merangsang daun
d.antokalin: hormon yang merangsang bunga

No comments:

Post a Comment