Wednesday 30 March 2016

Metabolisme


Assalamualaikum wr.wb.
bagaimana kabar kalian hari ini?, saya harap semoga semuanya dalam keadaan baik dan semoga selalu dalam lindungannya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai metabolisme. langsung disimak saja ya!

Metabolisme berasal dari kata metabole (Yunani) yang artinya berubah, semua proses kimiawi suatu organisme disebut metabolisme.

metabolisme adalah aktivitas hidup yang selalu terjadi pada setiap sel hidup. pada saat metabolisme sel, bahan dan energi diperoleh dari lingkungan sel yang berupa cairan. contoh lingkungan sel misalnya cairan interstitium yang berasal dari darah. cairan yang mengelilingi sel disebut cairan ekstrasel, cairan yang terdiri dari:
1. gas, terutama O2 dan CO2
2. ion anorganik (terutama Na+,Cl-,K+,Ca2+,HCO3-)
3. zat organik, yaitu vitamin dan makanan
4. hormon

mekanisme pertukaran zat dalam sel dengan cairan ekstrasel berlangsung melalui 5 cara yaitu:
1.difusi
2.osmosis
3.transpor aktif
4.endositosis, dan
5.eksositosis

bahan yang terdapat dalam cairan sel dapat digunakan sebagai bahan baku gula, asam lemak,gliserol, dan asam amino yang kemudian disusun menjadi makromolekul sel seperti polisakarida, lipid, dan protein asam nukleat.
proses metabolisme dibagi menjadi 2 yaitu;
1. anabolisme
2. katabolisme
kedua proses diatas terjadi secara terus menerus dan satu sama lain saling tergantung secara rumit.

dengan bahan bahan dari lingkungan, terjadi penyusunan energi dalam tubuh makhluk hidup melalui proses anabolisme. materi tersebut kemudian dibongkar untuk diubah menjadi energi lain yang diperlukan untuk menjalani aktivitas hidup melalui proses katabolisme. katabolisme terjadi sebagai sumber energi bagi proses anabolisme.perubahan yang terjadi pada proses anabolisme dan katabolisme dapat dipercepat dengan suatu zat yang disebut enzim.

No comments:

Post a Comment