Tuesday 29 March 2016

Proses Perkecambahan dan pertumbuhan akar

assalamualaikum wr.wb.
selamat pagi sobat Andro, bagaimana kabr kalian hari ini? saya harap semoga semuanya baik--baik saja dan semoga selalu dalam lindungannya, amin. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang proses perkecambahan. langsung disimak saja ya.


pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan biji dimulai dengan perkecambahan. perkecambahan adalah munculnya tanaman kecil dari dalam biji (plantula).

proses perkecambahan dibagi menjadi 2 yaitu:
1. proses fisika
proses ini terjadi pada saat biji menyerap air(imbibisi) akibat dari potensial air rendah pada biji yang kering.
2. proses kimia
dengan masuknya air, biji mengembang dan kulit biji akan pecah. air yang masuk tadi akan mengaktifkan embrio untuk melepaskan hormon giberelin(GA). hormon ini mendorong aleuron(lapisan tipis bagian luar endosperma) untuk mensintesis dan mengeluarkan enzim

macam macam perkecambahan
1.epigeal
perkecambahan epigeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang dibawah daun lembaga atau hipokotil sehingga mengakibatkan daun lembaga dan kotiledon terangkat keatas tanah, contohnya kacang hijau
2.hipogeal
perkecambahan hipogeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang teratas(epikotil) sehingga daun lembaga ikut tertarik keatas tanah, contohnya biji kacang kapri

proses pertumbuhan akar
1. tudung akar
tudung akar merupakan daerah akar yang paling ujung. tudung akar berfungsi mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah disekitar titik pertumbuhan akar.
2. daerah meristem
 daerah meristem terletak dibelakakng tudung akar yang meliputi meristem apikal dan deviratnya. meristem apikal merupakan daerah pusat pembelahan sel yang menghasikan sel sel meristem primer untuk menggantikkan sel sel ditudung akar yang tanggal.
3. daerah pemanjangan
daerah pemanjangan sel terletak didaerah belakang meristem. sel sel di daerah pemanjangan membelah lebih lambat daripada sel meristem dan sel selnya relatif lebih tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi dan bahan kimia.
4. daerah diferensiasi
daerah ini terletak dibagian akhir akar, bercampur dengan daerah pemanjangan, didaerah ini terdapat 3 sistem jaringan, diantaranya:
1. protoderma: lapisan terluar meristem primer yang akan menjadi epidermis.
2. meristem dasar: lapisan kedua yang akan berkembang menjadi sistem jaringan dasar
3. prokambium: lapisan pusat yang akan berkembang menjadi silinder vaskuler pusat, yaitu xilem dan floem.

No comments:

Post a Comment