Tuesday 29 March 2016

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

assalamualaikum wr.wb.
selamat pagi sobat Andro, bagaimana kabar kalian hari ini? sya harap semoga semuanya baik-baik saja dan semoga selalu dalam lindungannya, amin.


pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. langsung disimak saja ya :-)


tumbuh dan berkembang merupakan salah satu ciri makhluk hidup. sedangkan pertumbuhan dan perkembangan akan berjalan beriringan.
pertumbuhan adalah proses pertambahan volume, yang bersifat irreversible(tidak dapat kembali) karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel, dapat pula disebabkan oleh keduanya. untuk mengetahui adanya pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif, contohnya pertumbuhan batang tanaman dapat diukur dengan Auksanometer.





perkembanga adalah terspesialisasinya sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. sedangkan perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, untuk mengetahui adanya perkembangan pada tanaman bisa dengan perumabahan bentuk dan kedwasaan.

perkembangan awal suatu tumbuhan secara garis besar melalui tiga tahap, diantaranya:
1. pembelahan sel
 zigot didalam biji tumbuhan mengalami pembelahan sel mitosis membentuk jaringan embrional.
2.morfogenesis (perkembangan bentuk)
embrio yang terbentuk didalam biji memiliki kotiledon dan akar serta tunas rudimenter. setelah ada perkecambahan pada biji akar dan tunas rudimenter tersebut akan berkembang membentuk sistem akar dan tunas tumbuhan.
3. diferensiasi seluler
jaringan embrional terus berkembang menjadi struktur dengan fungsi khusus yang akan dimiliki pada saat dewasa. di tahap ini, gen menentukan sifat tumbuhan. sedangkan sel-sel yang terdeferensiasi akan membentuk jaringan. diferensiasi sendiri adalah proses yang menjadikan sel memiliki fungsi-fungsi biokimia dan morfologi khusus yang sebelumnya tidak dimiliki. sedangkan spesialisasi adalah proses pembentukan jaringan permanen pada tumbuhan yang berasal dari jaringan embrional.


No comments:

Post a Comment